Beranda Advertorial Ketua DPRD Rudy Susmanto Sebut PJ Bupati Bogor Bisa Jabarkan APBD Asal...

Ketua DPRD Rudy Susmanto Sebut PJ Bupati Bogor Bisa Jabarkan APBD Asal Izin Kemendagri

PJ Bupati Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto. (ist)

NarasiTime.idKetua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menyebut jika Pejabat (Pj) Bupati Bogor pada 2024 mendatang, bisa melakukan Penjabaran APBD dalam masa jabatannya.

Namun begitu, setiap keputusan yang diambil oleh Pj Bupati Bogor nanti, harus berdasarkan izin dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kepala Daerah itu boleh namanya penjabarkan APBD, tapi tidak boleh melakukan perubahan dan menggeser program kegiatan. Kita melihat bahwa Pj ini, memiliki kewenangan penuh, tetapi dalam hal mengambil kebijakan apapun harus seizin tertulis dari Kemendagri,” katanya kepada Wartawan, Rabu (15/11/23).

Baca Juga :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Sambut Baik Rencana Bangun SMA Baru di Kabupaten Bogor

Rudy Susmanto menjelaskan, tujuan penjabaran APBD adalah pertama apabila ada dana-dana dari Pemerintah Pusat ataupun Provinsi yang masuk dan harus diakomodir dalam Postur APBD, seperti dana alokasi khusus (DAK), dana alokasi umum (DAU) dan Dana Hibah.

Baca Juga :  PT SAYAGA WISATA KABUPATEN BOGOR MENGUCAPKAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-79

“Penjabaran APBD itu bisa dilakukan jika ada dana yang masuk dari Pemerintah Pusat dan Provinsi seperti, DAK, DAU dan Dana Hibah. Nah boleh melaksanakan penjabaran APBD karena harus diakomodir,” jelasnya.

Apabila melakukan perubahan struktur APBD, lanjut Rudy Susmanto, maka harus melaksanakan APBD Perubahan. Hal itu diperbolehkan apabila untuk mengakomodir beberapa anggaran-anggaran yang bersifat khusus maupun umum dari Pemerintah Pusat atau Provinsi.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Persilahkan Masyarakat Gunakan Gedung DPRD Secara Gratis

“Contoh boleh melaksanakan penjabaran APBD, apabila terjadi sesuatu hal yang tidak sewajarnya, seperti bencana alam. Tiba-tiba terjadi bencana alam, longsor, banjir dan lainnya, kita sudah menganggarkan kedalam BTT, tapi BTT kita kurang, karena kondisinya mendesak dan harus dilakukan penanganan, maka diizinkan,” tuturnya.(*)

<< SebelumnyaKetua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Akan Menyempurnakan Program Ade Yasin-Iwan Setiawan di 2024
Selanjutnya >>Begini Awal Kedekatan Sule Dengan Perempuan Bernama Santyka Fauziah, Dimulai dari Live TikTok, Kini Sudah Satu Bulan Berkomunikasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini