Beranda News Sejarah Tol Bocimi, Direncanakan di Era Orde Baru hingga Diresmikan oleh Jokowi

Sejarah Tol Bocimi, Direncanakan di Era Orde Baru hingga Diresmikan oleh Jokowi

Tol Bocimi (NarasiTime.id)

NarasiTime.com – Tol Bocimi merupakan sebuah proyek infrastruktur jalan tol yang menghubungkan Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Sukabumi di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Tol Bocimi yang diresmikan di era Presiden Joko Widodo punya sejarah panjang.

Proyek ini telah menjadi perhatian dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia sejak era Orde Baru hingga pembangunannya yang sebenarnya dimulai di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Berikut adalah ikhtisar sejarahnya:

Era Orde Baru: Konsep pembangunan jalan tol antara Bogor, Ciawi, dan Sukabumi telah ada sejak era Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto. Namun, pada masa itu, pembangunan jalan tol tersebut masih berada dalam tahap perencanaan dan kajian.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Menilai Kemunculan Ganjar Pranowo di Azan TV Tak Melanggar Aturan

Periode Pasca-Orde Baru: Setelah masa pemerintahan Orde Baru berakhir pada tahun 1998, rencana pembangunan jalan tol ini masih terus dibahas di tingkat pemerintah pusat dan daerah.

Pembangunan Tol Bocimi pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengalami beberapa perkembangan, meskipun pembangunannya tidak sepenuhnya terlaksana pada masa pemerintahannya.

Karena keterbatasan dana dan prioritas pembangunan infrastruktur lainnya, proyek tersebut belum terealisasi sepenuhnya.

Pembangunan di Era Jokowi: Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, proyek pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mulai mendapatkan perhatian serius.

Pemerintahan Jokowi menganggap pembangunan infrastruktur, termasuk jalan tol, sebagai salah satu prioritas utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan konektivitas antarwilayah di Indonesia.

Baca Juga :  Jaringan Jurnalis Bogor Gelar Diskusi Publik Perdana, Dihadiri Banyak Tokoh Masyarakat Kabupaten Bogor

Perencanaan dan Persiapan: Pada tahun 2016, proyek jalan tol Bocimi masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dan mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Persiapan teknis, perencanaan, studi kelayakan, dan pengadaan lahan pun mulai dilakukan untuk memulai pembangunan jalan tol ini.

Pembangunan Fisik: Tahap pembangunan fisik jalan tol Bocimi dimulai pada pertengahan tahun 2018. Proyek ini dilaksanakan dalam beberapa seksi, dengan rencana untuk membuka akses antara Bogor, Ciawi, dan Sukabumi untuk meningkatkan konektivitas dan mempercepat pergerakan barang dan orang di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Perkuat Atmosfer Perdamaian, Bima Arya Buka Pelatihan Mediasi Lintas Iman

Penyelesaian dan Operasionalisasi: Meskipun belum seluruhnya selesai, beberapa seksi jalan tol Bocimi sudah mulai beroperasi pada tahun 2021, meskipun masih dalam tahap uji coba.

Pembangunan dan penyelesaian proyek ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas antara Bogor, Ciawi, dan Sukabumi serta wilayah-wilayah sekitarnya.

Jadi, proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) merupakan proyek infrastruktur yang telah lama direncanakan sejak era Orde Baru, tetapi baru terwujud dalam pembangunannya di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Proyek ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar dalam memperbaiki konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat. (*)

<< SebelumnyaWuling Resmikan 6 Titik DC Charging dari Jakarta hingga Semarang
Selanjutnya >>Hati-hati Jebakan Penawaran Menarik, Ini Tips Belanja Online Nyaman dan Aman Selama Hari Raya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini